Cita Rasa Kuliner Indonesia

Saat sedang berada di luar negeri, atau melihat orang berkebangsaan lain memakai batik atau tenun khas Nusantara, kita pasti langsung mengenali produk tersebut. Demikian pula bila menghadiri acara seperti pesta kuliner dunia, tanpa ada papan nama makanan, kita mungkin segera tahu yang mana makanan Indonesia.

 

Apa sih yang terlintas saat mengalami hal tersebut? Kebanyakan sih yang paling utama itu rasa bangga. Seperti misalnya video lagu tentang Nasi Padang yang dinyanyikan orang Norwegia beberapa waktu lalu atau tulisan-tulisan tentang selebriti Korea dan Barat yang langsung viral di Indonesia. Mengapa bisa viral? Nah, pasti karena rasa bangga itu tadi, kan?

 

Kita sendiri bagaimana? Selain sekedar bangga produknya dipakai, dinikmati, dan dipuji bangsa lain, sudahkah kita ikut memakai dan menjadikan produk lokal sebagai bagian dari keseharian kita? Yang simpel-simpel saja dulu seperti makanan dan jajanan, lebih memilih keripik impor atau camilan dengan level pedas khas lokal? Kalau pilihannya berdasarkan mood atau selera hari itu, tentu tidak masalah. Tapi kalau lebih memilih camilan impor karena gengsi atau merasa yang impor lebih unggul, nah, itu baru masalah.

 

Kadang menghadapi produk lokal membuat kita terbentur masalah kualitas produk, misalnya bahan yang digunakan, packaging, hingga pemikiran kurang seimbang antara harga dengan kualitas atau kuantitas secara keseluruhan. Tapi, ya, kalau bukan kita yang mendukung produsen-produsen lokal dari awal, siapa lagi? Apalagi untuk produk-produk yang sudah dibuat di pabrik dengan standar kualitas internasional dan bahan pilihan, jelas soal kualitas sudah bukan masalah lagi. Seperti minuman teh siap minum Teh Gelasyang dikemas dengan menggunakan proses berteknologi tinggi PET Aseptic Cold Filling Technology dan Ultra High Temprature sehingga memastikan produk tetap higienis dan rasa tehnya bias tetap terjaga.

Indonesia adalah rumah bagi berbagai bahan berkualitas, bahan makanan dan minuman seperti rempah-rempah, kopi, dan daun teh terbaik. Jadi produk-produk yang kaya rasa, dan minuman seperti Teh Gelas dari Indonesia, dijamin berkualitas terbaik.Kebanggaan atas produk-produk lokal berkualitas ini juga harus ditularkan pada anak-anak kita agar produk-produk tersebut bisa kita banggakan di Negara tetangga.