Makan Malam, Cara Mudah Bonding Dengan Keluarga

Di era yang serba cepat dan serba sibuk ini, kia kerap kali kehilangan waktu bersama keluarga. Orang tua sering kali berangkat pagi untuk bekerja, tiba di rumah di kala hari sudah gelap. Sementara anak-anak, sama. Berangkat pagi menembus kemacetan untuk ke sekolah, dilanjutkan dengan aneka kegiatan yang menunjang pendidikan. Hal ini mau tak mau membuat waktu untuk bersama semakin menipis. Sayang sekali, kan?

Banyak keluarga yang mencoba mengakali hal ini dengan berbagai cara. Mulai dari liburan bersama atau menyempatkan diri untuk makan malam bersama. Ya, kalau dipikir-pikir, daripada menghabiskan budget yang cukup besar untuk traveling sekeluarga makan malam bersama saja sudah lebih dari cukup untuk memupuk kebersamaan.
Bagi beberapa orang tua yang memiliki kesulitan untuk tiba di rumah di jam makan malam, coba deh, disiplinkan diri sendiri bahwa setidaknya dalam 1 minggu kita harus makan malam bersama keluarga di rumah. Masa nggak bisa?

Hal yang sangat sederhana ini, ternyata memiliki banyak manfaat, antara lain:

Makan malam bersama membuat anak makan lebih benar.
Patut kita akui bahwa anak adalah peniru orang tua. Saat makan bersama, ini merupakan momen yang tepat bagi orang tua untuk menjadi role model bagi anak-anak. Mulai dari menjadikan diri sendiri sebagai contoh makan sehat (anak-anak sering kali susah makan sayur, kan?), makan dengan lahap (siapa yang anaknya sering makan malas-malasan?), hingga bagaimana tata cara makan yang beretika.

Makan malam bersama memupuk kebersamaan.
Pernah mengalami kan saat makan malam bersama kita akan saling membantu dengan orang yang ada di sebelah kita? Misalnya memberikan lauk yang kebetulan ada di depan kita ke orang yang berada di ujung meja makan dan sebaliknya. Dari hal-hal kecil seperti ini, suasana kebersamaan akan semakin mencair dan dapat memancing ke pembicaraan yang lebih luas.
Kedekatan antara orang tua dan anak akan menumbuhkan rasa percaya satu sama lain.

Makan malam bersama mengurangi stres.
Setelah beraktivitas seharian, kembali ke rumah bertemu dengan orang-orang yang kita sayangi pasti akan sangat berarti. Sambil makan malam, bertukar cerita mengenai hari yang telah dilewati bias mengurangi stres, lho! Nggak percaya? Yuk, dicoba!

Makan malam bersama lebih hemat.
Nggak perlu makan malam di restoran fancy, cukup makan malam di rumah. Selain lebih hemat, suasana yang lebih hangat dan rileks membuat masing-masing anggota keluarga merasa nyaman dengan kebersamaan ini.

Itu hanya sedikit dari banyak manfaat dari makan malam bersama keluarga. Kalau mau dikupas lebih dalam, masih banyak lagi.
Yang pasti nih, sebelum mengajak keluarga makan malam bersama, pastikan Anda meletakkan gadget jauh-jauh dari jangkauan, ya. Jangan sampai secara lahiriah duduk bersama keluarga, tapi sebenarnya sibuk dengan gadget masing-masing!

O, ya, setelah menikmati makan malam bersama keluarga, kalau pembicaraan masih seru, jangan buru-buru diselesaikan. Nikmati dan lanjutkan momen ini. Setelah makan, paling enak menikmati dessert yang manis-manis. Kalau tak sempat membuat dessert sendiri, kenapa tak memilih yang simple seperti minum teh bersama? Teh Gelas, yang terbuat dari seduhan daun teh pilihan dan gula asli, membuat acara ngobrol lebih seru. Apalagi dengan kemasannya yang praktis, sehingga waktu yang seharusnya digunakan untuk membuat teh bisa digunakan untuk ngobrol lebih lama.
Selamat menikmati momen bersama keluarga!